Rabu, 17 Agustus 2011

17,17,17

alhamdulillah,

66 tahun bangsa kita telah merdeka setelah melalui perjuangan panjang,,,

kita sebagai umat muslim bangsa Indonesia harus mampu untuk berjuang sekuat tenaga guna mengisi kemerdekaan yang telah kita raih ini. Oleh karena itu, ada hal yang harus kita pegang selalu, yakni 17. ada tiga 17 yang harus kita pegang selalu sebagai umat muslim bangsa Indonesia, yakni

17 yang pertama adalah 17 rakaat

kita umat islam diwajibkan untuk menunaikan sholat fardhu, 5 kali dalam sehari, 17 rakaat dalam sehari. Sholat merupakan hal utama yang akan ditanyakan nantinya di akhirat kelak, bukan amalan yang lain. Sholat juga merupakan tiang agama. Oleh karena itu, supaya hidup kita selamat di dunia dan akhirat, jangan pernah tinggalkan sholat. Lebih-lebih di bulan ramadhan ini, segala amal kita diberi balasan yang lebih besar. dengan sholat fardhu dan sholat lail yang kita lakukan semoga bisa membawa kita dan bangsa kita menjadi bangsa yang selamat dan diberkahi oleh Allah.

17 yang kedua adalah 17 ramadhan

17 ramadlan merupakan hari diturunkannya Al-quran. Hari tersebut merupakan hari yang istimewa, mengingatkan kita kepada mukzizat nabi kita, rosulullah Muhammad SAW. Alquran merupakan pegangan kita sebagai umat Islam. Nabi Muhammad mengingatkan kita supaya selalu berpegang teguh pada Alquran dan Assunnah. Terlebih dengan kondisi kita saat ini yang sudah ditinggal nabi lebih dari 1400 tahun yang lalu. Kita merupakan termasuk golongan umat akhir zaman. untuk bisa selamat di akhir zaman ini, kita harus benar-benar berpegang teguh pada Alquran dan assunnah. jika dulu sebelum lahirnya nabi Muhammad merupakan zaman jahiliyah, dimana orang tega membunuh dan mengubur anaknya hidup-hidup jika mengetahui ternyata anak yang dilahirkan adalah anak perempuan, terus dinamakan zaman apakah sekarang ini dimana ibu tega membunuh bayi yang bahkan masih belum lahir? Astaghfirullah. Marilah kita kembali ke jalan yang benar.

Sunan-sunan walisongo pun mengajarkan kita umat islam indonesia untuk membaca Alquran dan memahami maknanya sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kedamaian hati (Tombo Ati). Namun salah satu kekeliruan yang selama ini timbul adalah banyak diantara kita yang fasih membaca Alquran dengan tajwid dan tartil, namun tidak mengetahui maksud dan makna yang terkandung di dalamnya. Padahal setiap ayat Alquran yang diturunkan mengandung makna yang berbeda. setiap ayatnya pun bisa menceritakan bagaimana dulu turunnya ayat tersebut kepada Nabi Muhammad. Jadi, marilah kita selalu berpegang teguh pada Alquran, baca dan pahami maknanya sehingga kita pun bisa mendapat ketentraman hati.

17 yang ketiga adalah 17 agustus

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Hari tersebut benar-benar istimewa karena bertepatan dengan 17 ramadhan. 17 agustus mengajarkan kita tentang perjuangan para syuhada yang berjuang di jalan Allah, berperang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Jangan sekali-kali kita menyia-nyiakan perjuangan mereka.

Marilah kita isi kemerdekaan ini sesuai dengan tuntunan Alquran dan Assunnah. Mudah-mudahan negara kita bisa menjadi lebih baik dan selalu mendapat Rahmat Allah SWT. Amiin..

sumber:

pak ustad yang tadi ngisi kultum di mesjid
@ mesjid Mambaul Ulum, Veteran, Gresik
17 Agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar